MAKALAH MANAJEMEN & SIM 2 “Telekomunikas dan Jaringan Internet”


KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan tugas makalah “TELEKOMUNIKASI dan JARINGAN” ini dengan baik. Kami harap  makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, maupun kami agar ke depannya dapat menambah pengalaman agar menjadi lebih baik lagi.
 Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman yang kami miliki, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kekurangan. kami membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun. Terima kasih




Depok, 26 April 2019


Kelompok 4


DAFTAR ISI







BAB I

PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang Masalah

Peningkatan pemahaman komputer oleh pemakai yaitu mudahnya pemakai perkembangan teknologi yang signifikan menjadikan perubahan yang mulai merambah ke dalam hal yang di jajaki dan diperdalam oleh teknologi. Teknologi pun mulai mewabah ke jaringan informasi yang ada sehingga menjadikan perkembangan komunikasi mengalami perubahan dalam pemanfaatan teknologi internet seperti jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia.
Perkembangan teknologi menyangkut tentang telekomunikasi dan jaringan. Telekomunikasi dan jaringan ini cukup berkembang secara pesat, seperti meliputi tren komunikasi, revolusi internet, peranan ekstranet, jaringan telekomunikasi, alternatif jaringan, ada pula kemampuan bisnis yang menghasilkan penghematan biaya, peranan internet yang meningkatkan kolaborasi antara individu dan tim dalam sebuah perusahaan, serta komponen komponen umum yang utama dari jaringan telekomunikasi.
Perkembangan teknologi ini mempengaruhi banyak alternatif jaringan diantaranya adalah media komunikasi, processor, perangkat lunak, saluran dan arsitektur jaringan. Secara meluas, teknologi komunikasi ini juga dapat disebut perpindahan secara meluas, dimana sangat mempengaruhi jaringan antar jaringan yang saling terbuka, perkembangan teknologi inilah yang kadang memicu layanan hubungan pelanggan yang lebih baik melapaui manajemen antar pasokan, hubungan antar organisasi berpengaruh karena dapat membagi sebuah informasi penting atau informasi yang sangat berharga.
Perkembangan telekomunikasi dan jaringan juga berdampak bagi pasar global dan juga sangat menguntungkan untuk pengembangan jasa produk, dapat juga digunakan untuk strategi dalam persaingan sebuah bisnis. Dalam sebuah penjualan online diinternet juga sangat menyangkut tentang perkembangan internet khususnya nilai bisnis internet, biasanya juga sangat menguntungkan karena meningkatkan sebuah nilai loyalitas pelanggan.

1.2         Perumusan Masalah

Dalam bab ini, kita akan membahas berbagai jenis telekomunikasi dan jaringan.
Rumusan masalah yang mungkin muncul seperti:
1.      Apa yang dimaksud dengan telekomunikasi dan jaringan?
2.      Apa yang dimaksud dengan nilai bisnis pada telekomunikasi dan jaringan?
3.      Bagaimana teknologi telekomunikasi berkembang seiring kemajuan teknologi?
4.      Apa saja peranan internet dan extranet?
5.      Apa saja Alternatif Jaringan Telekomunikasi?
6.      Apa yang dimaksud dengan sinyal digital dan signal analog?
7.      Apa saja Media Telekomunikasi itu?
8.      Apa saja Prosesor Telekomunikasi itu?

1.3         Tujuan Penulisan




BAB II

PEMBAHASAN


Telekomunikasi adalah pertukaran informasi dalam bentuk apapun (suara, data, teks, gambar, audio, video) melalui jaringan berbasis komputer. Tren utama yang terjadi dibidang telekomunikasi memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan manajemen dibidang ini. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui tren utama dalam industry telekomunikasi, teknologi, dan aplikasi yang secara signifikan meningkatkan alternative keputusan para professional dan manajer bisnis.
Tren utama dalam telekomunikasi bisnis:
a.    Tren Industri
Industri telekomunikasi telah berubah dari monopoli yang diatur oleh pemerintah menjadi sebuah pasar deregulasi dengan pemasok kompetitif yang sengit dari layanan telekomunikasi.
b.    Tren Teknologi
Kearah penggunaan yang lebih intensif dari internet, optic serat digital, dan teknologi nirkabel untuk mencipatakan kerja internet local dan global yang berkecepatan tinggi untuk suara, data, gambar, audio, dan video.
c.    Tren Aplikasi Bisnis
Perubahan dalam industri telekomunikasi dan teknologi telah disebutkan sebagai penyebab perubahan yang signifikan dalam penggunaan bisnis telekomunikasi. Jaringan telekomunikasi saat ini memainkan peranan penting dan menembus dalam bisnis elektronik berbentuk situs, perdagangan komersial, kolaborasi perusahaan, dan aplikasi bisnis lainnya yang mendukung operasi, manajemen, dan tujuan strategis untuk bisnis perusahaan besar maupun kecil.



Jaringan adalah sebuah sistem yang berhubungan dengan komunikasi antara dua manusia atau mesin. Pengertian lain dari jaringan adalah sebuah sistem yang saling  berhubungan dengan sistem lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai satu tujuan yang sama. Fungsi jaringan adalah untuk berbagi sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikasi secara elektronik. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan

2.3              Pengertian Networking Enterprice
Menurut Manuel Castells pengertian dari network enterprise adalah jaringan yang terbentuk dari beberapa perusahaan, atau beberapa bagian dari beberapa perusahaan, atau sebagian internal dari beberapa perusahaan.
Salah satu ciri dari network enterprise adalah access network yang terbuka lebar yang memungkinkan siapa saja baik itu produsen, pelanggan, maupun hacker, dan cracker untuk mengetahui transaksi on-line yang terjadi.
Suatu sistem yang dikatakan baik, termasuk jaringan enterprise, minimal harus mampu menjawab kriteria dasar keamanan berikut ini:
1.    Kerahasiaan
2.    Kendali akses
3.    Autentifikasi
4.    Integritas
5.    Non-repudiation

Dua buah komputer dikatakan terkoneksi jika bila komputer dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksinya tidak harus melalui kawat tembaga saja, melainkan dapat menggunakan serat optik, gelombang mikro, atau satelit.
Konsep jaringan dibedakan menjadi 2, yaitu:
a.    LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah, atau yang lebih kecil.
b.    MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
c.    WAN (Wide Area Network)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi public.

Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama, yaitu:
a.    Topologi bintang
Merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
b.    Topologi cincin
Topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.
c.    Topologi Bus
Topologi jaringan dimana setiap kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel. Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya.
d.    Topologi mesh
Menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.
e.    Topologi Pohon
Disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin ke atas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

a.    Tren Industri
Pertumbuhan pesat dari internet menyebabkan jumlah pemasok dan jasa yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi perusahaan meningkat, demikian juga pengambilan keputusan bisnis para manajer. Ledakan pertumbuhan internet dan situs seluruh dunia telah melahirkan penyelenggaraan produk baru, layanan, dan penyedia telekomunikasi baru.
Contoh: spektrum jasa berbasis telekomunikasi, siaran TV, telepon, dll.
b.    Tren Teknologi
Tren teknologi telekomunikasi utama lainnya adalah sebuah perubahan dari ketergantungan pada kabel tembaga berbasis media dan sistem penyampaian gelombang mikro yang ditanam sampai sambungan serat optic dan seluler, satelit komunikasi, dan teknologi nirkabel lainnya untuk menciptakan kerja internet lokal dan global dengan kecepatan tinggi. Transmisi serat optic yang menggunakan daya dari sinar laser menawarkan keuntungan signifikan untuk mengurangi ukuran dan usaha instalasi, kapasitas komunikasi yang lebih besar, kecepatan transmisi yang lebih cepat, dan kebebasan dari interferensi elektris.
Telekomunikasi juga mengalami revolusi melalui perubahan yang cepat dari teknologi analog ke teknologi jaringan digital.
Keuntungan teknologi jaringan digital :
a.         Kecepatan transmisi yang secara signifikan lebih besar.
b.         Pergerakan informasi dalam jumlah yang lebih besar.
c.         Ekonomi yang lebih besar.
d.         Tingkat kesalahan yang lebih rendah daripada sistem analog.
c.    Tren Aplikasi Bisnis
Perubahan dalam industry telekomunikasi dan teknologi telah disebutkan sebagai penyebab perubahan yang signifikan dalam penggunaan bisnis telekomunikasi. Tren terhadap penjual yang lebih banyak layanan, teknologi internet, dan system terbuka, serta pertumbuhan yang cepat dari internet, situs seluruh dunia, serta internet, dan ekstranet korporat, secara dramatis meningkatkan jumlah aplikasi telekomunikasi yang layak. Dengan demikian, jaringan telekomunikasi saat ini memainkan peranan penting dan menembus dalam proses bisnis elektronik (e-business) berbantu situs, perdagangan komersial, kolaborasi perusahaan, dan aplikasi bisnis lainnya yang mendukung operasi, manajemen, dan tujuan strategis, untuk bisnis perusahaan besar maupun kecil.

Nilai bisnis yang diperoleh ketika perusahaan menggunakan tren telekomunikasi adalah dapat mengurangi biaya, mempersingkat waktu pemrosesan bisnis, mendukung e-commerce, memperbaiki kerja sama kelompok kerja, mengembangkan proses operasional online, berbagi sumber daya, mengikat pelanggan, dan pemasok, serta mengembangkan jasa dan produk baru.
Seperti tenaga penjual yang melakukan perjalanan dan mereka yang berada di kantor penjualan regional dapat menggunakan internet, ekstranet, dan jaringan lainnya untuk mengirimkan pesanan pelanggan dari laptop atau desktop, sehingga mengatasi halangan geografis. Terminal penjualan dan jaringan pemrosesan transaksi penjualan online dapat mengatasi halangan waktu dengan mendukung otorisasi kredit dan pemrosesan penjualan secara langsung. Konferensi telepon (teleconferencing) dapat digunakan untuk memotong biaya dengan cara mengurangi perjalanan bisnis yang mahal karena konferensi telepon memungkinkan pelanggan, pemasok, dan karyawan untuk berpartisipasi dalam pertemuan dan melakukan proyek bersama. Akhirnya, situs Web e-commerce B2B (business-to-business) digunakan oleh bisnis untuk membentuk hubungan strategis dengan pelanggan dan pemasok dengan membuat transaksi menjadi cepat, nyaman, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan mitra bisnis yang terlibat.

Pada jaman sekarang ini banyak perusahaan yang memanfaatkan situs–situs perdagangan elektronik. Berbagai alasan yang mendasari langkah tersebut adalah sebagai berikut:
1.    Menghasilkan pendapatan baru melalui penjualan online.
2.    Memperkecil biaya melalui penjualan dan dukungan pelanggan secara online.
3.    Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan iklan web dan penjualan secara online.
4.    Meningkatkan loyalitas pelanggan lama melalui peningkatan layanan dan dukungan web.
5.     Mengembangkan pemasaran dan saluran distribusi yang baru yang berbasis web untuk produk–produk sekarang.
6.    Membuat produk–produk baru agar segera bisa diakses melalui web. Sekarang ini banyak perusahaan–perusahaan yang membuat situs untuk mendukung pembelian produk–produk mereka secara online untuk meningkatkan penjualan selain melalui toko–toko konvensional mereka.

Pada abad 20 Masehi, mulai muncul komputer dan semakin canggih juga berkembang pesat di abad 21 Masehi. Seiring perkembangan pesat komputer di dunia, di abad 21 internet berkembang pesat. Telah terjadi Revolusi  Internet di abad 21 yang merubah secara drastis sistem kehidupan umat manusia di berbagai bidang termasuk di bidang pergaulan, informasi, berita, perdagangan/bisnis dll. Pengguna internet semakin bertambah banyak jumlahnya di seluruh dunia. Bukan hanya di perkotaan saja karena di desa terpencil pun banyak pengguna internet.
Banyak orang lebih senang bergaul secara online di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dll dibandingkan pertemuan langsung. Banyak orang lebih senang mencari informasi yang dibutuhkannya secara online menggunakan search engine seperti Google, Bing, Yahoo dll. Banyak orang lebih senang membaca berita secara online di Kompas, Detik dll dibandingkan membaca koran, tabloid ataupun majalah. Banyak orang lebih senang melakukan aktifitas jual beli secara online di TokoBagus, Berniaga dll.
Bagi para pemilik website-website seperti Facebook, Twitter, Google+, Google, Bing, Yahoo, Kompas, Detik, Berniaga dll tentu mereka menjadi orang-orang yang super kaya karena website-website mereka tersebut populer dan ramai penggunanya setiap hari tanpa henti. Mereka berhasil memanfaatkan secara optimal momen revolusi internet yang sedang berlangsung saat ini dan mereka mendapatkan keuntungan yang luar biasa dari bisnis online-nya tersebut yang saat ini mereka sedang menikmati hasil ide briliannya.
Mereka semua menyadari pentingnya sebuah website saat ini bagi setiap orang, setiap organisasi, setiap lembaga juga setiap perusahaan. Website menjadi sama pentingnya seperti rumah atau kantor. Website juga menjadi sama seperti toko, mall dll sebagai tempat perbelanjaan. Sebuah website yang aktif bisa diakses oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia. Ini menjadikan penyebaran informasi sangat cepat bahkan hanya dalam hitungan detik di seluruh dunia.
Perkembangan pesat internet ini tentu ada sisi positif dan sisi negatifnya sebagai efek. Salah satu dari sisi positifnya adalah dengan adanya internet, semakin banyak orang yang menjadi cerdas, berwawasan luas, luas pula pergaulannya, kaya raya dll. Contoh sisi negatifnya adalah maraknya kasus penipuan melalui internet, penyebaran konten-konten pornografi yang sulit dikendalikan sempurna dengan beragam efek buruknya. Revolusi internet hanya berlangsung satu kali di dunia ini dan saat ini masih berlangsung.
Ada yang sekedar menjadi penonton atau pengguna internet di tengah-tengah revolusi internet. Ada yang cerdas berinovasi memanfaatkan situasi atau kondisi perubahan besar tersebut lalu menjadi keuntungan dari nilai yang kecil hingga menengah hingga besar. Karena itulah, saat ini banyak orang, organisasi, lembaga maupun perusahaan yang mulai go online dengan mengadakan website untuk mengikuti arus perubahan yang berlangsung dan berupaya meraih kesuksesan.
Jumlahnya semakin banyak semakin hari. Ada yang memandangnya sebagai persaingan/kompetisi. Namun, kita perlu memandangnya sebagai saling melengkapi. Setiap orang menentukan posisi masa kini dan masa depannya dalam hal ini karena masa kini dan masa depan dunia adalah internet itu sendiri dengan perkembangan pesatnya yang akan terus berlangsung ke depan. Kita harus menyadari posisi kita saat ini di tengah-tengah revolusi internet yang sedang berlangsung dan kita harus menentukan sikap sejak saat ini juga sebelum terlambat.

Kemajuan teknologi membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia. Dalam berbisnis, kita semakin dimudahkan dengan adanya teknologi internet.
Dengan teknologi ini, membuka usaha tidak diharuskan memiliki biaya yang cukup besar. Dengan bermodalkan pengalaman dan kejelian, kita dapat membuka peluang usaha di internet.
Untuk memulai bisnis ini, tentu kita harus mengetahui beberapa strategi agar barang yang kita jual dapat dilihat dan menarik banyak pelanggan.
Sebelum kita memulai berbisnis sebaiknya mencari referensi dan mengevaluasi diri untuk mendapatkan pengetahuan tentang cara berbisnis online yang benar, hal ini diperlukan agar memiliki pengalaman, keterampilan untuk memperoleh modal dan keuntungan.
Ketika kita sudah memutuskan untuk melakukan bisnis online, kita perlu menganalisis peluang pasar, perhatikan ketertarikan yang banyak diminati oleh banyak orang, jika sudah mengetahui tentang peluang pasar, kita memiliki peluang sukses yang besar.
Meraih kesuksesan diperlukan aturan dan motivasi yang tinggi dalam usaha, buatlah beberapa konsep untuk kemajuan usaha, gunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat) sebagai visi misi dalam usaha anda.
Karena usaha online tidak membutuhkan sewa tempat, jadi dapat menghemat modal yang dalam membuka usaha, modal ada hanya barang dagangan yang akan kita jual. Dalam jangka waktu beberapa waktu ke depan kita bisa balik modal dengan modal yang dikeluarkan pada modal pertama membuka usaha.
Selalu gunakan sosial media sebagai alat promosi, cara ini paling ampuh untuk menarik minat pelanggan untuk mengunjungi situs kita, sosial media harus memiliki banyak jaringan dan relasi antara orang lainnya.

Internet adalah singkatan dari Interconnected Network, yaitu sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Secara sederhana, internet dapat didefinisikan sebagai jaringan dari jaringan (network of network). Sedangkan secara luas, internet memiliki arti yaitu sebagai jaringan atau sambungan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Oleh sebab itu, internet dapat diartikan sebagai sambungan-sambungan/hubungan antar PC (personal komputer), baik di rumah-rumah, perusahaan, maupun lembaga pemerintahan.
Internet disebut dengan jaringan internasional, karena internet menghubungkan komputer-komputer  dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.
Internet dapat diibaratkan seperti jaring laba-laba yang menyelimuti bumi dan terdiri atas titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node tersebut dapat berupa PDA (Personal Data Assistance). Node tersebut dapat berfungsi sebagai pusat informasi atau sebagai pengguna yang mencari dan bertukar informasi melalui Internet.
Untuk dapat menghubungkan semua jenis, tipe, dan sistem komputer yang ada di seluruh dunia, internet harus memiliki standar yang memungkinkan komputer dapat saling berbicara satu sama lain dalam bahasa yang sama. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) menjadi standar utama jaringan internet yang dapat menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer di dunia.

Studi ilmu komunikasi mencakup pembelajaran tentang media massa, dimana media masa di Indonesia pada dasawarsa terahir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perubahan media massa , baik itu media massa elektronik mau pun media cetak, perlahan demi pasti mencapai titik dimana semua berubah formal menjadi digital.
Hal ini terlihat dengan adanya beberapa media massa cetak seperti majalah dan surat kabar yang mulai menerbitkan edisinya melalui World Wide Web atau menyertakan CD ROM dalam setiap edisi yang diterbitkannya.
Bentuk perubahan pada lingkungan media banyak macamnya, dalam hal tertentu,sangat luar biasa. Di Indonesia televisi berubah dari hanya satu stasiun TVRI pada tahun 80an menjadi sepuluh stasiun pada tahun 2000 yaitu TVRI, RCTI, SCTV, INDOSIAR, ANTV, TPI, TRANS TV, TRANS 7, GLOBAL TV, TV ONE, dan belum lagi ditambah dengan berbagai macam stasiun tv lokal yang banyak bermunculan di setiap kota besar, yang lebih mencengankang adalah adanya system tv kabel yang menagkap 50 saluran, bahkan bisa mencapai 500 atau lebih.
Penggunaan media lainnya yang tergolong baru seperti komputer dan media internet mulai merambah dikalangan Indonesia, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Dampaknya adalah orang-orang menghabiskan lebih banyak waktunya berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan ruang obrol (chat room) dikomputer dan permainan dunia maya memberi dimensi pengalaman dan kepuasan baru bagi penggunanya, bahkan perusahaan telepon seluler seperti GSM dan CDMA pun mengembangkan jaringan GPRS, 3G, HSDPA, EVDO, dan lain sebagainya, maka penggunaan internet semakin praktis karena tidak perlu adanya kabel jaringan telekomunikasi (Telkom).
Baru-baru ini Amerika Serikat mencapai titik dimana penjualan komputer lebih tinggi daripada televisi (powell, 1995). Selain itu, penelitian menunjukan bahwa penggunaan komputer-komputer pribadi mulai mengambil alih peranan televisi (Lieberman, 1995). Tampaknya kita cepat beralih ke konsep pengguna aktif, media, lingkungan komunikasi yang baru itu. salah satu lingkungan media baru itu adalah pengakuan bahwa semua informasi adalah sama semuanya digital (powell). Biasanya, teknologi komunikasi yang baru tidak bisa sepenuhnya menggantikan teknologi lama, tetapi ia mungkin menyebabkan teknologi lama mengambil peran baru . Contohnya televisi tidak menggantikan radio kesistem pemrogram yang baru termasuk acara perbincangan dan formal musik yang speksifik.
Salah satu perubahan teknologi baru itu menyebabkan dipertanyakan kembali devinisi komunikasi itu sendiri. Devinisi komunikasi masa yang sebelumnya sudah cukup jelas, yaitu bisa didevinisikan dalam tiga ciri:
1.    Komunikasi masa diarahkan kepada audiens yang relatif besar, heterogen, dan anonim.
2.    Pesan-pesan yang disebarkan secara umum , sering dijadwalkan untuk bisa mencapai sebanyak mungkin anggota audiens secara serempak dan sifatnya sementara.
3.    Komunikator cenderung berada atau beroperasi dalam sebuah organisasi yang kompleks yang mungkin membutuhkan biaya yang besar, tetapi internet newsgroups, mailing lists, perbincangan di radio yang menggundang telepon pendengarnya, world wide web , televisi kabel multi saluran, dan buku-buku yang melampirkan disket-disket komputer, yang tidak dapat dikatagorikan secara mudah apakah mereka termasuk komunikasi masa atau bukan.
Saat ini media-media  tersebut dikatagorikan sebagai lingkungan media baru, beberapa ciri lingkungan  media baru adalah sebagi berikut (McManus,1994):
1.                   Teknologi yang dahulu berbeda dan terpisah seperti percetakan dan penyiaran sekarang bergabung.
2.                   Kita sedang bergeser dari kalangan media yang berlimpah.
3.                   Kita sedang mengalami pergeseran dari mengarah kepuasan masa audiens kolektif menuju kepuasan grub atau individu.
4.                   Kita sedang mengalami pergeseran dari media satu arah kepada media interatif.
Bahkan pengajaran jurnalisme Richard cole mengemukakan: “perbedaan-perbedaan antara media menjadi samar-samar, koran-koran menjadi lebih mirip majalah-majalah dan penyiaran”. Perkembangan internet sangat cepat akhirnya menjadi bagian terpenting dalam bidang ekonomi. Sekarang ini e-commerce (perdagangan lewat internet) mulai berperan penting dalam hidup kita. Sebuah penelitian yang di lakukan oleh universitas texas tahun 1999 menunjukan bahwa e-commerce menjadi kekuatan utama dalam masyarakat kita.
Total $350 miliar dialokasikan untuk ekonomi internet pada tahun 1998 (gloss,1990). Hanya dalam waktu lima tahun sejak diperkenalkannya world wide web. Ekonomi internet sejajar dengan sektor yang telah ada seperti energy ($ 223 miliar), otomobil (4350 miliar ), dan telekomunikasi (4270 miliar) (laporan indicators 1999).
Internet pada dasarnya merupakan sebuah jaringan antar komputer yang saling berkaitan,jaringan ini tersedia terus menerus  sebagai pesan-pesan elektronik, termasuk e-mail, transmisi file, dan komunikasi dua arah atau individu atau komputer.
Internet sebuah jaringan pada departemen pertahanan dan komunikasi ilmiah sudah ada kira-kira selama 20 tahun. Apa yang membuat jaringan itu menarik bagi pengguna awam adalah penemuan Mosaic pada tahun 1993, sebuah browser untuk world wide web yang telah membuat sumber-sumber internet yang lebih banyak dapat diakses.
Mosaic membiarkan para pengguna menggunakan materi internet dengan hanya menunjukan sebuah tanda panah dan mengklik sebuah tikus (mouse), dan hal itu memudahkan untuk melihat grafik online. Bahkan, netscape dengan penyedian akses yang lebih mudah dan lebih cepat, segera menggantikan Mosaic sebagai web browser yang paling terkenal. Pada saat yang hampir sama, software web browsing yang lebih mudah digunakan telah dikembangkan, world wide web sendiri telah menunjukan pertumbuan
Levy menggambarkan internet sebagai saluran komunikasi yang tidak terbatas, pembangunan komunikasi, iklan elektronik dan interaksi yang sangat komplek yang mengamburkan batas antara penyedia dan konsumen.
Internet menjadi sebuah medium berita baru pada bulan januari tahun 1998 saat Matt Drudge menggunakan website untuk mengumumkan bahwa “newsweek” telah menyembunyikan  berita tentang keterlibatan presiden Clinton dengan Monica Lewinsky di gedung putih. Beberaapa ahli mengatakan bahwa laporan Druge itu telah menaikan pamor internet sebagai sumber berita seperti perang teluk untuk CNN dan pembunuhan Jhon F. Kennedy untuk televisi. Tonggak penting lain bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi mungkin terjadi pada 11 september 1998, ketika start report muncul di internet, itulah saat pengaksesan yang pertama kali terjadi melalui internet.
Tingkat perhatian terhadap website biasanya dinyatakan dalam hits, yaitu jumlah akses atau beberapa kali situs itu diakses oleh pengguna. Time warner’s pathfinder menyatakan telah menerima lebih dari satu juta akses per minggu, website majalah penthouse mendulang dua juta akses setiap hari, tapi pengguna akses yaitu orang-orang yang benar-benar menghabiskan waktu dan mencari informasi hanya satu persen dari jumlah keseluruhan. Sekarang ini banyak bisnis yang memakai webpage, seringkali tampa tujuan yang jelas kegunaanya,kadang hanya sekedar keharusan mempunyai website. Salah satu permasalahannya adalah website dipandang sebagai media untuk mendapatkan iklan, hal ini menunjukan kecendrungan melihat media baru dengan cara yang lama.
Tapi website yang baik memberikan lebih dari sekedar menampilkan pesan sponsor ia bersipat interaktif, menawari pengguna website berbagai macam cara untuk untuk bisa bergabung dalam kegiatan dan sumber secara online. Internet juga berperan dalam perkembangan suatu Negara. Pemerintahan Cina menggunakan internet sebagi sarana pada permulaan abad 21. Sekitar 300.000 orang Cina telah mengakses internet pada tahun 1998 dan diharapkan bertambah pada tahun 2000. Pemerintah sepertinya kurang perduli dibandingkan tahun sebelumnya dalam mengontrol pengaksesan internet walaupun masih ada pemblokiran situs barat seperti time warner’s pathfinder.
Internet juga mendapat keritikan, penulis esai Sven  Birkerts berpendapat bahwa adanya perubahan dari budaya cetak kebudaya elektronik akan menyebabkan pemiskinan Bahasa, dia menyatakan bahwa komunikasi elektronik mengarah kepada pengguna “bahasa sederhana” seperti dalam telegram, dia meramalkan bahwa kita akan melihat sebuah penurunan penggunaan bahasa halus seperti ambiguitas, pertentangan, ironi, dan humor. Kelemahan lain dari internet dan world wide web adalah kekuatannya untuk menjauhkan  orang-orang dari dunia nyata terra firma bumi, tumbuhan ,bunga dan sinar matahari. Lifford Stoll seorang pengarang beberapa buku di internet menyatakan bahwa masalahnya adalah bahwa “waktu tiga atau empat jam habis didepan komputer tetapi tidak dengan keluarga, suami/istri, dan masyarakat”.
Pemerintahan Indonesia bahkan mulai mendorong kepada warganya untuk menggunkan media internet seperti yang dilakukan oleh depkominfo yang mensponsori penayangan berbagai iklan dimedia televisi, dimana iklan tersebut menggambarkan bahwa anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar pun dapat memanfaatkan internet sebagi media pencarian data jika diberikan tugas membuat kliping, tapi apakah penggunaan internet memang dapat memberi manfaat positif atau malah dapat berdampak negatif pada para penggunanya masih dapat belum dipastikan, seperti dijabarkan diatas ada banyak manfaat positif yang dapat dari pengguna media internet, tapi ada juga beberapa dampak negatif yang dapat dialami oleh para pengguna internet.
Seperti yang diketahui bahwa pengguna media internet dapat menelusuri apa saja yang diinginkannya, terlepas dari apakah hal tersebut member kontribusi positif bagi pengguna tersebut atau bahkan berdampak merusaknya moralitas penggunanya.
Sebagai contoh internet sebagi media komunikasi dapat terlihat pada sebuah web ataupun jejaring social seperti facebook, tweeter dan lain sebaigainya yang menawarkan berbagai layanan.
Untuk bisa berkomunikasi dengan menggunakan internet, ada beberapa perangkat yang harus kita miliki:
1.    Satu perangkat komputer (PC maupun laptop)
2.    Headset dan microphone
3.    Webcam
4.    Jaringan internet (internet kabel maupun nirkabel modem GSM/CDMA)
5.    Software:
a.    Browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Safari.
b.    Email client seperti Microsoft outlook, outlook exprees atau thunderbird.
c.    Voice call, video call dan chatting ( seperti yahoo messenger, gtalk, skype dll).
d.    Anti virus, firewall, dan anti spyware untuk melindungi komputer dari virus (seperti symantec, norton, mcaffe, avira antivirus avg, dll).


Internet memiliki banyak manfaat dan dampak positif untuk semua kalangan, berikut manfaat dan dampak positif internet:
1.    Sebagai Sumber Informasi
Dengan adanya internet, kita bisa mencari informasi dan berita terbaru dari seluruh dunia dengan mudah. Pembaharuan informasi di internet terjadi setiap waktunya. Pengguna internet bisa mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll.
2.    Sebagai Media Komunikasi
Kini semua orang bisa berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja. Dengan menggunakan internet komunikasipun menjadi lebih mudah dan lancar. Komunikasi melalui internet bisa dengan melalui kirim email, chating, forum, sosial media, video call, dll.
3.    Sebagai Media Pendidikan dan Juga Hiburan
E-learning atau belajar jarak jauh atau belajar melalui internet kini sudah bisa dilakukan, dengan belajar melalui internet kini siapa saja mudah mendapatkan pendidikan yang lebih luas, pembelajaran di internet dapat berupa e-book (electronic book), video, games, dan kini di internet, mencari hiburan pun kini menjadi lebih mudah, video games, video lucu, film, musik, dan hiburan lainnya kini sudah tersedia di internet.
4.    Sebagai Media Bisnis dan Memudahkan Transaksi
Kini kita tidak perlu lagi datang ke toko untuk membeli suatu barang, cukup cari barang yang anda inginkan di internet, tranksaksi atau bayar melalui E-Banking (Internet Banking), maka barang akan datang kerumah anda. Hal diatas tentu membuktikan kalau internet memudahkan kita untuk berbelanja dan berbisnis. Bahkan bagi sebagian orang internet adalah media untuk mencari uang.
5.    Sebagai Media Pertukaran Data
Internet memungkinkan semua orang dari seluruh dunia untuk saling bertukaran data, sehingga muncul istilah Upload dan Download. Menyimpan data atau file dari gadget kita ke internet disebut upload dan menggambil data atau file dari internet ke gadget kita disebut download.
Jika kita sekarang sudah tahu dampak positif dari penggunaan internet, maka kita juga harus tau apa dampak negatifnya:
1.    Pornografi
Internet yang memudahkan siapa saja dalam mencari informasi maka juga bisa membuat pornografi semakin merajarela dan mudah diakses, hal ini pun dapat merusak moral.
2.    Perjudian
Banyak situs yang memudahkan para penjudi untuk berkumpul dan berjudi secara online dan uangnya biasanya ditransfer ke rekening online atau kartu kredit.
3.    Penipuan
Penipuan pun semakin sering terjadi apalagi di dunia internet mulai dari penipuan ketika bertransaksi, iklan atau program kaya secara instan dll.
4.    Pencurian Kartu Kredit
Para penjahat internet biasanya menggunakan kartu kredit milik orang lain untuk bertransaksi, dan biasanya korbannya adalah orang yang pernah bertransaksi online menggunakan kartu kredit. Pelaku tindak kejahatan yang satu ini cukup sulit untuk dilacak. Dengan adanya internet banyak hal yang bisa kita lakukan, sekarang kembali kediri masing-masing mau menggunakannya untuk hal positif atau hal negative.

Istilah extranet berasal dari extended intranet.
Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet adalah jaringan yang menghubungkan mitra bisnis yang satu dengan yang lainnya melalui internet dengan menyediakan akses ke berbagai area tertentu dari intranet perusahaan satu ke yang lainnya.
Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain. Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.
Suatu extranet dapat dilihat sebagai bagian dari perusahaan intranet yang diperluas ke pengguna di luar perusahaan. Inijuga telah digambarkan sebagai "keadaan pikiran" di mana internet dianggap sebagai carauntuk melakukan bisnis dengan perusahaan lain serta untuk menjual produk kepadapelanggan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Extranet diimplementasikan sebagai jaringan pribadi Virtual/Virtual Private Networt (VPN), karena menggunakan internet untuk menyambung ke organisasi perusahaan dan selalu ada ancaman bagi keamanan informasi. VPN menawarkan jaringan aman infrastruktur masyarakat (internet).
VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman.

1.    Paket dirumuskan di batas jaringan di router keluhan IPSEC.
2.    Menggunakan kunci enkripsi untuk merangkum paket dan alamat IP juga.
3.    Paket yang diterjemahkan hanya oleh IPSEC keluhan router atau server.
4.    Pesan yang dikirim melalui VPN melalui tunnel VPN dan proses ini dikenal sebagai tunneling.
VPN menggunakan Internet Protocol Security Architecture (IPSEC) untuk memberikan keamanan transaksi dengan menambahkan lapisan keamanan tambahan untuk protokol TCP/IP. Lapisan ini dibuat oleh encapsulating paket IP untuk paket IP baru seperti yang ditunjukkan pada diagram berikut:
IPSec (singkatan dari IP Security) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengamankan transmisi datagram dalam sebuah internetwork berbasis TCP/IP. IPSec mendefiniskan beberapa standar untuk melakukan enkripsi data dan juga integritas data pada lapisan kedua dalam DARPA Reference Model (internetwork layer).
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang diterjemahkan menjadi Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, yang merupakan gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.

Telekomunikasi adalah sebuah teknis tingkat tinggi, bidang teknologi sistem informasi yang berubah dengan cepat. Kebanyakan pelaku bisnis tidak memerlukan pengetahuan terperinci dari karakteristik teknis. Meskipun begitu, penting bagi Anda memahami beberapa karakteristik penting dari komponen dasar jaringan telekomunikasi agar lebih efektif dalam pembuatan keputusan tentang alternative telekomunikasi.
Jaringan Telekomunukasi adalah  kumpulan device  atau terminal yang terhubung satu sama lain melalui suatu media untuk pertukaran informasi atau data. Perangkat telekomunikasi bertugas menghubungkan pemakainya dengan pemakai lain. Kedua pemaakai ini bisa berdekatan tetapi bisa berjauhan. Kalau menilik arti harfiah dari telekomunikasi (tele= jauh, komunikasi = hubungan dengan pertukaran informasi) memang teknik telekomunikasi dikembangkan manusia untuk menebus perbedaan jarak yang jauhnya bisa tak terbatas menjadi perbedaan waktu yang sekecil mungkin.
Perbedaan jarak yang jauh dapat ditempuh dengan waktu yang sekecil mungkin dengan cara merubah semua bentuk informasi yang ingin disampaikan oleh manusia kepada yang lainnya menjadi bentuk gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik dapat bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi, yakni diruang hampa adalah seratus ribu km per detik.
Jaringan telekomunikasi adalah segenap perangkat telekomunikasi yang dapat menghubungkan pemakaiannya (umumnya manusia) dengan pemakai lain, sehingga kedua pemakai tersebut dapat saling bertukar informasi (dengan cara bicara, menulis, menggambar atau mengetik) pada saat itu juga.
Secara umum, sebuah jaringan telekomunikasi merupakan pengaturan apapun di mana si pengirim mentransmisikan sebuah pesan kepada si penerima melalui sebuah saluran yang berisi beberapa jenis medium. Sebuah jaringan telekomunikasi terdiri atas lima kategori komponen dasar, yaitu :
1.    Terminal, sebuah jaringan komputer pribadi, jaringan komputer, atau peralatan informasi.
2.    Prosesor Telekomunikasi, yang mendukung transmisi data dan penerimaan antara terminal dan komputer. Perangkat tersebut, seperti modem, saklar dan penerus, melaksanakan berbagai fungsi kendali dan dukungan dalam jaringan telekomunikasi.
3.    Melalui saluran telekomunikasi data ditransmisikan dan diterima. Saluran telekomunikasi dapat menggunakan kombinasi dari media, seperti kabel tembaga, kabel koaksial, atau kabel serat optik, dll.
4.    Komputer, dari segala ukuran dan jenis yang terinterkoneksi oleh jaringan telekomunikasi, sehingga mereka dapat menjalankan tugas pengolahan informasi.
5.    Perangkat lunak  pengendali telekomunikasi, terdiri atas program yang mengendalikan aktivitas telekomunikasi dan mengola fungsi dari jaringan telekomunikasi. Contohnya semua jenis manajemen jaringan, seperti monitor telekomunikasi untuk komputer penyelenggara mainframe, sister informasi jaringan untuk jaringan, dan penjelajah situs untuk komputer mikro.



Sinyal Analog  adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontiniu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog.
Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase.
-       Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog.
-       Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik.
-       Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.
Signal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalamogi sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1. Sehingga, tidak mudah terpengaruh oleh derau/noise, tetapi transmisi dengan sinyal digitai perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1.
Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi l hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Signal digital juga biasanya disebut juga sinyal diskret.
Sistem signal digital merupakan bentuk sampling dari sistem analog. Digital pada dasarnya di kodekan dalam bentuk biner atau hexa. Besarnya nilai suatu system digital dibatasi oleh lebarnya/jumlah bit (bandwidth). Jumlah bit juga sangat mempengaruhi nilai akurasi system digital.teknologi signal digital ini juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh teknologi Signal analog. Diantaranya adalah dibawah ini :
-       Penggunaan yang berulang–ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
-       Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
-       Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.
Pada saat ini banyak teknologi-teknologi yang memakai teknologi signal digital. Karena kelebihan-kelebihannya, antara lain:
-       Untuk menyimpan hasil pengolahan, sinyal digital lebih mudah dibandingkan sinyal analog.
-       Untuk menyimpan sinyal digital dapat menggunakan media digital seperti CD, DVD, Flash Disk, Hardisk. Sedangkan media penyimpanan sinyal analog adalah pita tape magnetik.
-       lebih kebal terhadap noise karena bekerja pada level ’0′ dan ’1′.
-       lebih kebal terhadap perubahan temperatur.
-       lebih mudah pemrosesannya.
-       Twisted pair wire cable adalah sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables), dan wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.
-       Unshielded Twisted Pair (UTP) Unshielded twisted pair adalah jenis yang paling umum dari kabel tembaga telepon.Twisted pair adalah kabel tembaga biasa yang menghubungkan komputer bisnis rumah dan banyak perusahaan telepon dan kabel ini tidak memiliki bungkus pelindung didalamnya.
-       Shielded Twisted Pair (STP) shielded twisted pair adalah jenis yang paling umum dari kabel tembaga telepon.Twisted pair adalah kabel tembaga biasa yang menghubungkan komputer bisnis rumah dan banyak perusahaan telepon dan kabel ini memiliki bungkus pelindung didalamnya.
-       Coxial Cable.
-        

Memiliki konduktor dalam yang dikelilingi oleh lapisan, fleksibel isolasi pipa, dikelilingi oleh perisai melakukan tubular. Istilah koaksial berasal dari konduktor dalam dan luar perisai berbagi sumbu geometrik yang sama. Cabel Coaxial diciptakan oleh insinyur Inggris dan matematika Oliver Heaviside, yang dipatenkan desain pada tahun 1880.  Cabel Coaxial digunakan sebagai saluran transmisi untuk frekuensi radio sinyal.
Fiber optik cable serat optic adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Microwave gelombang radio dengan panjang gelombang mulai dari sepanjang satu meter sebagai pendek sebagai satu milimeter, atau ekuivalen, dengan frekuensi antara 300 MHz (0,3 GHz) dan 300 GHz. Definisi luas ini termasuk UHF dan EHF ( gelombang milimeter), dan berbagai sumber menggunakan batas-batas yang berbeda. Dalam semua kasus, microwave mencakup seluruh SHF band (3 sampai 30 GHz, atau 10 sampai 1 cm) minimal, dengan teknik RF sering menempatkan batas bawah pada 1 GHz (30 cm), dan bagian atas sekitar 100 GHz (3 mm).
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan. Sisa artikel ini akan berkisar tentang satelit buatan.
Cellular Network Sebuah jaringan selular adalah radio jaringan terdistribusi di daerah tanah yang disebut sel, masing-masing dilayani oleh setidaknya satu lokasi tetap transceiver dikenal sebagai situs sel atau base station. Ketika sel-sel ini bergabung bersama-sama menyediakan liputan radio pada wilayah geografis yang luas. Hal ini memungkinkan sejumlah besar transceiver portabel (misalnya, ponsel, pager, dll) untuk berkomunikasi satu sama lain dan dengan transceiver tetap dan telepon mana saja dalam jaringan, melalui BTS, bahkan jika beberapa transceiver bergerak melalui lebih dari satu sel selama transmisi.
Jaringan selular menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan solusi alternatif:
1.    peningkatan kapasitas
2.    mengurangi daya gunakan
3.    cakupan wilayah yang lebih besar
4.    mengurangi interferensi dari sinyal lain
Sebuah contoh dari sistem non-selular telepon sederhana tua taksi sistem radio pengemudi taksi di mana perusahaan memiliki beberapa pemancar berbasis di sekitar kota yang dapat berkomunikasi langsung dengan taksi masing-masing.

Jaringan komputer yang menghubungkan komputer di daerah terbatas seperti sekolah, rumah, laboratorium komputer, atau gedung perkantoran. Yang mendefinisikan karakteristik dari LAN, berbeda dengan jaringan area luas (WAN) , termasuk mereka biasanya lebih tinggi transfer data tarif, wilayah geografis yang lebih kecil, dan kurangnya kebutuhan untuk jaringan telekomunikasi disewakan. ARCnetToken Ring, dan standar teknologi lainnya telah digunakan di masa lalu, namun Ethernet lebih dari twisted pair kabel, dan Wi-Fi adalah dua teknologi yang paling umum saat ini digunakan untuk membangun LAN.

Jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar. MAN biasanya interkoneksi sejumlah jaringan area lokal (LAN) menggunakan teknologi backbone berkapasitas tinggi, seperti serat-optik link, dan menyediakan up-link layanan untuk jaringan area luas (atau WAN) dan internet.

Jaringan telekomunikasi yang mencakup area yang luas (yaitu, jaringan apapun yang menghubungkan seluruh metropolitan, regional, atau batas-batas nasional). Entitas bisnis dan pemerintah memanfaatkan WAN untuk relay data antara karyawan, klien, pembeli, dan pemasok dari berbagai lokasi geografis. Pada dasarnya telekomunikasi mode ini memungkinkan bisnis untuk secara efektif melaksanakan fungsi sehari-hari terlepas dari lokasi.

Banyak organisasi menggunakan jaringan virtual pribadi (virtual private network-VPN) untuk membangun intranet dan ekstranet yang terlindungi. Jaringan virtual pribadi adalah sebuah jaringan yang aman yang menggunakan internet sebagai jaringan penyokong utama tetapi bergantung pada dinding peenghalang jaringan, enkripsi, dan fitur keamanan lain dari koneksi internet dan ekstranet serta organisasi yang berpartisipasi. Sebagai contoh, VPN memungkinkan sebuah perusahaan untuk menggunakan internet untuk membuat intranet yang aman antara kantor cabang yang jauh dan pabrik manufaktur dan ekstranet yang aman antara dirinya sendiri dengan pelanggan bisnis dan pemasok.



Jaringan klien server telah menjadi arsitektur informasi utama dari komputasi di seluruh perusahaan. Dalam jaringan klien/server pengguna akhir PC atau stasiun kerja NC adalah klien. Mereka saling terhubung oleh jaringan area lokal dan berbagi pengolahan aplikasi dengan server jaringan, yang juga mengelola jaringan. (Pengaturan klien server dan server ini terkadang disebut arsitektur klien/server dua tingkat). Jaringan area lokal (local area network-LAN) dari stasiun kerja klien dan server.

Pertumbuhan ketergantungan pada perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya data komputer dari internet, intranet, ekstranet, dan jaringan lain telah menitik beratkan bahwa, bagi banyak pengguna, “jaringan adalah komputer”. Komputasi jaringan ini atau konsep jaringan sentris menampilkan jaringan sebagai sumber daya komputasi sentral dari lingkungan komputasi apapun. Komputasi jaringan terkadang disebut model klien/server tiga tingkat karena terdiri atas klien kecil, server aplikasi, dan server basis data.

Kemunculan dari teknologi dan aplikasi jejaring rekan ke rekan (peer-to-peer—P2P) untuk internet telah dipuji sebagai pengembangan yang akan berdampak besar pada bisnis elektronik dan perdagangan komersial serta pada internet itu sendiri. Apapun kelebihan dari pernyataan seperti ini, terlihat jelas bahwa jaringan rekan ke rekan adalah alat jejaring telekomunikasi yang kuat bagi banyak aplikasi bisnis.
Arsitektur jaringan rekan ke rekan yang murni tidak memiliki direktori atau server pusat. Pertama, perangkat lunak pembagi data dalam jaringan P2P menghubungkan PC Anda dengan salah satu pengguna yang online dalam jaringan. Kemudian, tautan yang aktif pada nama pengguna Anda ditransmisikan dari rekan ke rekan kepada semua pengguna online dalam jaringan pengguna yang pertama (dan pengguna online lain) ditemukan dalam sesi sebelumnya. Dengan cara ini, tautan aktif ke rekan yang lebih dan lebih banyak lagi tersebar di seluruh jaringan, maka semakin banyak ia gunakan. Satu penggunaan yang sama untuk jaringan rekan ke rekan saat ini adalah mengunduh dan memperdagangkan arsip. Ketika istilah rekan digunakan menggambarkan jaringan Napster, ini menyiratkan bahwa sifat alami protocol rekan adalah penting, tetapi dalam kenyataan pencapaian unik dari Napster adalah  pemberdayaan dari rekan ( yaitu, pinggiran dari jaringan ) dalam asosiasi dengan sebuah indeks pusat yang membuatnya cepat dan efisien untuk menempatkan konten yang tersedia. Protokol rekan merupakan cara umum untuk mencapai ini.

Prosesor Telekomunikasi seperti modem, multiplekser, switch, dan router, melakukan berbagai fungsi dukungan, antara komputer dan peralatan lainya di dalam jaringan telekomunikasi.

Modem adalah prosesor telekomunikasi yang paling umum. Modem mengubah sinyal digital dari komputer, atau terminal transmisi, pada salah satu ujung telekomunikasi menjadi frekuensi analog yang dapat dikirim dengan menggunakan saluran telepon biasa. Modem pada ujung yang lain dari saluran komunikasi, mengubah kembali menjadi bentuk digital di terminal penerima. Proses ini disebut modulasi dan demodulasi, dan kata modem adalah singkatan dari edua kata tersebut. Modem tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk unit terkecil yang terpisah, papan sirkuit yang terpasang, dan kartu modem yang dapat dicabut dari laptop. Kebanyakan modem juga mendukung berbagai fungsi telekomunikasi, seperti pengendalian kesalahan transmisi, penelponan, dan penerimaan secara otomatis, dan kemampuan faks.
Modem digunakan karena jaringan telepon pada awalnya dirancang untuk sinyal analog (gelombang elektromagnetik), seperti yang dihasilkan oleh suara manusia di telepon. Karena data dari komputer berbentuk digital (pulsa voltase), perlu ada alat untuk mengubah sinyal digital ke dalam frekuensi transmisi analog yang sesuai dan sebaliknya. Akan tetapi, jaringan digital, yang hanya menggunakan sinyal digital, dan tidak membutuhkan konversi analog / digital sudah semakin umum. Karena banyak modem juga melakukan berbagai fungsi dukungan telekomunikasi, peralatan seperti modem digital masih digunakan dalam jaringan digital.

Multiplekser adalah prosesor komunikasi yang memungkinkan saluran komunikasi tunggal untuk melakukan transmisi data secara simultan dari banyak terminal. Hal ini dicapai dengan dua cara. Dalam, multipleks divisi frekuensi (FDM), multiplekser secara efektif membagi saluran, berkecepatan tingi menjadi banyak saluran berkecepatan rendah. Dalam multiplekser divisi waktu (TDM), multiplekser membagi waktu yang dapat digunakan oleh setiap terminal dalam saluran berkecepatan tinggi menjadi kerangka waktu, atau slot waktu, yang sangat pendek.

Jaringan telekomunikasi saling dihubungkan oleh prosesor komunikasi tujuan khusus yang disebut prosesor berbasis internet (internet work prosessor), seperti switch, router, hub, dan gateway. Switch adalah prosesor komunikasi yang menghubungkan antar sirkuit telekomunikasi di dalam jaringan. Saat ini switch tersedia dalam berbagai versi dengan kemampuan manajemen jaringan. Router adalah prosesor komunikasi yang cerdas yang saling menghubungka jaringan berdasarkan berbagai peraturan atau protokol, sehingga pesan telekomunikasi dapat dikirim ke tujuannya. Hub adalah prosesor telekomunikasi yang mengubah port. Versi lebih maju dari hub dan switch menyediakan pergantian otomatis antar koneksi, yang disebut port untuk akses bersama ke sumber daya jaringan. Tempat kerja, server, printer, dan sumber daya jaringan lainya umunya berhubungan dengan port. Jaringan yang menggunakan arsitektur komunikasi yang berbeda-beda saling terhubung dengan menggunakan prosesor telekomunikasi yang disebut gateway. Semua peralatan ini penting untuk menyediakan koneksi dan akses yang mudah antara berbagai LAN dan WAN, yang merupakan bagian dari internet dan jaringan klien / server di banyak perusahaan.

Software adalah komponen utama dari semua jaringan telekomunikasi. Software managemen jaringan, dan telekomunikasi, dapat ditempatkan di komputer, server, mainframe, dan prosesor komunikasi seperti multiplekserdan router. Program ini digunakan oleh server jaringan dan komputer lainya dalam jaringan, untuk mengelola kinerja jaringan. Program, managemen program menjalanka fungsi-fungsi seperti, secara otomatis memeriksa komputer klien untuk aktifitas input / ouput, menentukan prioritas permintaan komunikasi data dari klien dan terminal, serta mendeteksi dan mengoreksi kesalahan transmisi dan masalah jaringan lainya.
Misalnya, WAN berbasis mainframe sering menggunakan monitoring teleprosesing (Teleprocessing Monitor, TP). Sistem Pengendalian identifikasi pelanggan (customer identification control system, CICS) untuk mainframe IBM adalah contoh umumnya. Server di area lokal dan jaringan lainnya sering bergantung pada sistem operasional jaringan, seperti Novell Netware, atau sistem operasional seperti UNIX, Linux, atau Microsoft Windows untuk manajemen jaringan. Banyak pemasok software juga menawarkan software telekomunikasi sebagai perangkat skala menengah (middleware), yang dapat membantu berbagai jaringan untuk saling berkomunikasi.
Fungsi telekomunikasi yang dibangun di Microsoft Wondows dan sistem operasional lainya menyediakan berbagai layanan dukungan komunikasi. Misalnya bekerja sama dengan prosesor komunikasi (seperti, modem) untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan dan menetapkan parameter komunikasi seperti kecepatan, cara, dan transmisi.
Topologi jaringan komputer adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Dan setiap macam topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta kemudahan dalam proses maintenance nya.

Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.






Kelebihan dari topologi jaringan komputer ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.
Kekurangan paling fatal dari topologi ini adalah jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.

Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC dan kedua ujung dari cabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.
Kelebihan dari bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan.
Kekurangan topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.

Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.
Kelebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi.
Kekurangannya topologi jaringan komputer ini adalah, memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu.

Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal,  jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.







Kelebihanya adalah proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer lain.
Kekurangan dari topologi ini sudah jelas, akan memakan sangat banyak biaya karena membutuhkan jumlah kabel yang sangat banyak dan setiap komputer harus memiliki Port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit.

Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

Kelebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.
Kekurangannya yaitu menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.

Protokol adalah sebuah set standar dari aturan dan prosedur untuk mengendalikan komunikasi didalam jaringan. Standar-standar ini diperuntukkan hanya pada satu peralatan manufaktur saja atau satu macam jenis telekomunikasi.
Jenis-jenis protocol jaringan:
1.    Ethernet
2.    Local Talk
3.    Token Ring
4.    FDDI
Bagian dari tujuan jaringan arsitektur telekomunikasi adalah untuk menciptakan suatu standarisasi lebih dan kecocokkan diantara protocol komunikasi. Tujuan dari arsitektur jaringan adalah untuk mengenalkan sebuah keterbukaan, simple, fleksibel dan lingkungan telekomunikasi yang efisien. Hal ini akan menjadi sempurna dengan penggunaan protocol standar. Standar komunikasi yang berhubungan langsung antara hardware dan software, dan desain standar hubungan antara pengguna dan sistem komputer.

Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik. Dikenal juga dengan perbedaan atau interval, antara batas teratas dan terbawah dari suatu frekuensi gelombang transmisi dalam suatu kanal komunikasi. Satuan yang digunakan Hertz untuk sirkuit analog dan detik dalam satuan digital. Jalur lebar analog diukur dalam unit Hertz (Hz) atau kitaran second. Jalur lebar digital pula merujuk kepada jumlah atau volume data yang dilewatkan melalui satu saluran komunikasi yang diukur dalam unit bit per second (bps) tanpa melibatkan gangguan. Istilah lebar jalur (bandwith) sepatutnya tidak dikelirukan dengan istilah jalur (band), seperti pada telepon tanpa kabel, contohnya beroperasi pada jalur 800MMHz. Lebar jalur ialah ruang yang digunakan pada jalur tersebut. Dalam komunikasi tanpa wayar, ukuran atau lebar jalur salurannya memberi kesan kepada transmisi. Sejumlah data yang mengalir melalui satu saluran sempit mengambil masa yang lebih lama berbanding sejumlah data yang sama apabila mengalir menerusi satu saluran yang lebih lebar.

Telepon biasa dihubungkan dengan sirkuit switching, dimana sebuah sirkuit dimasukan untuk mendirikan sebuah saluran diantara pengirim dan penerima dan selalu terbuka sampai sesi/ bagian komunikasi menjadi lengkap. Dalam pesan Switching, pesan mentransmit sebuah blok(Block) pada waktu yang sama dari switching satu ke lainnya. Metode ini disebut Store and Forward transmision. Karena pesan akan disimpan oleh alat Switching sebelum ditransmisi. Komunikasi Data, adalah komunikasi dimana source adalah data. Transmisi suara dapat saja dijadikan transmisi data jika informasi suara tersebut dirubah (dikodekan ) menjadi bentuk digital.

Jaringan Interoperabilitas adalah terus kemampuan untuk mengirim dan menerima data interkoneksi antara jaringan memberikan tingkat kualitas yang diharapkan oleh pengguna akhir pelanggan tanpa dampak negatif dengan mengirim dan menerima atau jaringan. Jaringan Interoperabilitas adalah fungsional antar operator yang bekerja di antara atau multi-vendor, multi-operator antar-koneksi yaitu, node-ke-node atau jaringan-untuk-jaringan yang bekerja dibawah kondisi normal dan stres, dan per standers yang berlaku, persyaratan, dan spesifikasi.



BAB III

PENUTUP


Berkembangnya teknologi berjalan seiring dengan perkembangan systemtelekomunikasi. Di zaman yang serba modern banyak sekali teknologi telekomunikasi yang dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi setiap masyarakat. Dengan adanya perkembangan teknologi telekomunikasi tersebut kini kita juga memilikiwawasan tambahan bahwasannya teknologi telekomunikasi yang kita manfaatkan setiap hari selalu berkoordinasi antar sesama komponen telekomunikasi sehingga kita dapat mengakses informasi apapun yang kita butuhkan dimanapun kita berada.

Bagi pembaca diharapkan agar mengetahui apakah pengertian dari Telekomunikasi dan jaringan.  Serta, kami menyarankan agar lebih banyak membaca buku yang berkaitan dengan Telekomunikasi dan jaringan agar lebih memahami kedua hal tersebut. Dengan mengetahui ilmu dari telekomunikasi dan jaringan, diharapkan kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari hari secara optimal.











Comments

Popular posts from this blog

Boruto

Fitur Animasi di S/W

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI