Pelayanan SI/TI Dalam Bidang Dunia Komunikasi dan Internet

Nama : Popo Alangsto Hutapea
NPM : 16117915
Kelas : 2KA02
Mata Pelajaran : Manajemen Layanan Sistem Informasi# 

Peranan Teknologi Informasi dalam Dunia Komunikasi dan Internet

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sebagian besar dari sejarah industri berisi catatan tentang perkembangan teknis, perubahan alat–alat atau mesin–mesin yang dipergunakan dan sebagainya yang lebih ganyak dari perkembangan teknologi informasi. Alat–alat atau mesin–mesin baru yang bersangkutan hanya menimbulkan dampak pada unsure fisik dari kegiatan perusahan. Penemuan dan pemakaian mesin–mesin baru dalam zaman revolusi–revolusi ini todak mempunyai pengaruh yang besar pada pengolahan manusia, pengolahan informasi masih informasi masih tetap hanya dilakukan oleh manusia.Sekarang perimbangan kecepatan kemajuan teknologi telah berubah. Kini teknologi untuk mengolah informasi lebih cepat perkembangannya dari perkembangan teknologi untuk kegiatan fisik dan biayanya semakin murah. Biaya untuk menyimpan data, mengolah data dan untuk menyebarkan hasil–hasilnya terus menurun dengan cepat.
Revolusi teknologi informasi menyebabkan orang dengan cepat mengetahui berita dan dengan cepat pula mengirimkan berita, jadi terciptalah komunikasi yang efektif. Orang berusaha menanggapinya, memperbaiki apa yang ada, meningkatkannya dan menciptakan hal yang baru. Dan terjadilah perkembangan yang berantai. Revolusi informasi tidak hanya merubah proses memperoleh berita, dan sulit menjadi mudah melainkan melahirkan alat, teknik – teknik dan mesin yang dibuat di tempat lain yang diketahui serta dimengertinya dengan jelas dari informasi (dari uraian  dan lukisan di majalah, TV, selebaran dan sebagainya).Dalam revolusi industri, kereta api memperpendek waktu yang diperlukan untuk melalukan perjalanan, termasuk perjalanan berita dari beberapa hari menjadi beberapa jam. Kini revolusi teknologi informasi memperpendek waktu itu secara lebih drastis. Suatu berita dapat mencapai keseluruh dunia dalam waktu beberapa menit lewat berita yang cepat dari berbagai penemuan. Demikianlah revolusi teknologi informasi mempengaruhi berbagai segi kehidupan.
Dalam rangka ini, terciptalah misalnya mesin pencatat kehadiran pegawai di tempat kerja, karena itu dikatakan bahwa revolusi teknologi informasi mempunyai peran yang strategis.  Apabila pemakaian teknologi baru yang lain (yang bukan teknologi informasi)  hanya bersifat penggantian alat tanpa menimbulkan perubahan yang berarti pada berbagai segi penting dari perusahaan, termasuk prosedur, maka pemakaian  teknologi informasi dan komunikasi menimbulkan perubahan  yang banyak pada berbagai segi dari kegiatan perusahaan, termasuk prosedur.
Teknologi informasi dan komunikasi banyak mempengaruhi setiap unsur rantai nilai, mengubah cara melaksanakan kegiatan bernilai, serta mengubah hubungan antar kegiatan tersebut.Teknolgi informasi menyebabkan komunikasi jarak jauh dapat dilakukan dengan mudah. Dan juga menyebabkan informasi tentang keadaan konsumen, harga bahan mentah dan keadaan pasar di semua negara dapat diketahui dengan mudah dan cepat. Hal ini membantu pembukaan cabang perusahaan menjadi mudah, bukan hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri.
Demikianlah teknologi informasi dan komunikasi menimbulkan perubahan bekerja, memperluas daerah kompetisi dan pada cara membuat suatu produk. Tehnologi informasi yang menunjang adanya komunikasi. Contohnya yaitu Telepon, Telegram, Telex, Faximile, Surat Kabar, Majalah, dan sebagainya. Suatu teknologi komunikasi yang banyak dipergunakan dan besar dukungannya terhadap revolusi teknologi informasi adalah komputer dapat digunakan sebagai mesin ketik yang istimewa yang dapat digunakan untuk mengolah kata, membentu berpikir, termasuk simulasi, selain itu komputer juga dapat digunakan untuk merancang informasi, termasuk desain dan lukisannya.
Fungsi Internet Dalam Dunia Informasi dan Komunikasi

Internet adalah satu teknologi yang mutakhir di zaman ini yang terdapat pada computer. Dengan adanya internet, sekarang kita dapat memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Banyak sarana di dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Banyak sarana di dalam internet yang memudahkan kita dalam melakukan kegiatan komunikasi. Contohnya adalah E-Mail. E-Mail atau electronic mail adalah sara yang paling banyak digunakan, pengiriman pesan dapat melalui SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Semua pengguna jaringan dalam internet mempunyai E-Mail.
Etiket dalam berkomunikasi di internet disebut dengan Niquette Gordon Eubanks Rule (President of Symantec) mengatakan don’t write a message that contains informasi you don’t want to become public knowledge. POP adalah Post Office Protocol seperti kotak pos pribadi yang akan menyimpan semua mail kita dari internet selam kita online. Pemerintah lainnya WHOIS yang mengandung informasi pada seseorang berupa alamat IP, alamat, nomor telepon, dll. Data base WHOIS disimpan dalam interNIC.

Sejak saat itu, komputer memiliki berbagai manfaat pada bidang komunikasi jaringan sebagai berikut,
1.       Media penghubung dengan dunia
Sebelum internet berkembang seperti sekarang, orang-orang seperti punya batas yang besar jika ingin mengetahui apa yang sedang terjadi saat ini di negara seberang. Memang ada media lain seperti koran, televisi, dan juga radio. Namun, media tersebut masih dirasa kurang karena jumlah beritanya memang sedikit porsinya jika dibandingkan dengan info di dalam negeri.
Baru setelah internet dikenal luas oleh masyarakat, kita bisa memperoleh informasi dari dunia sebanyak mungkin. Tidak ada batasan dan juga kita bisa mendapatkan informasi yang bahkan jauh lebih detil jika dibandingkan media yang lain. Tidak hanya informasi, kita pun juga dapat berbicara langsung dengan orang asing hanya dengan perangkat komputer dan internet saja. Oleh sebab itu, komputer menjadi salah satu media penghubung dengan masyarakat di dunia.
2.       Alternatif media hiburan
Media hiburan saat ini bahkan bisa semua kamu dapatkan hanya dalam satu perangkat saja yakni komputer dan internet. Percaya atau tidak semua perangkat media yang ada saat ini bisa dilakukan menggunakan komputer. Contohnya, musik, radio, film. Secara tidak langsung, perangkat yang terpisah-pisah di zaman dulu seperti MP3, VCD Player, radio, dan Televisi dapat dilakukan hanya dalam satu perangkat saja.
Lalu apa hubungannya dengan bidang jaringan global? Dengan komputer dapat menjadi penghubung semua media hiburan yang sudah disebutkan tadi. Ingin mendengarkan musik atau radio secara online? sudah ada situs seperti Spotify. Ingin menjelajah video maupun tontonan secara online? Kunjungi Youtube dan juga Youtube TV. Bahkan, Tidak hanya dari dalam negeri saja, sama seperti poin pertama yakni kita dapat menemukan musik, radio, dan film dari seleuruh dunia dari internet yang menggunakan perangkat komputer.
3.       Media pembuatan software dan aplikasi
Sudah menjadi hal pasti pentingnya komputer pada bidang ini adalah sebagai media untuk pembuatan software dan aplikasi. Tanpa komputer, programmer akan sulit membuat sebuah program maupun aplikasi. Ini sama halnya dengan kita ingin menulis tapi tidak ada alat tulis. Pada dasarnya memang komputer merupakan alat yang digunakan oleh para programmer unuk membuat sebuah aplikasi maupun software yang nantinya bermanfaat bagi orang banyak.
4.       Media transfer file
Apabila kita memiliki file yang ingin dipindahkan ke komputer satu ke komputer lain biasanya menggunakan flash disk atau disket. Namun, dengan menggunakan internet hal tersebut tidak perlu menggunakan flash disk maupun disket. Sebab cukup menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.
Bahkan, dengan menggunakan internet, kita bisa mengirimkan file sebesar apapun menggunakan surat elektronik atau sering disebu dengan e-mail.
5.       Media komunikasi
Dengan adanya internet saat ini, komputer juga dapat digunakan sebagai media komunikasi dengan orang lain. Contohnya, saat ini banyak media sosial maupun forum-forum yang basisnya menggunakan komputer untuk saling berinteraksi. Dengan begitu, kita dapat berbincang-bincang dan juga saling tukar pikiran dengan orang lain baik itu di manapun dan kapanpun.

Bahkan seperti yang sudah disebutkan di awal. Kita tidak hanya berkomunikasi dengan orang di dalam negeri saja. Bahkan, kita pun dapat komunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Namun itu pun dengan catatan kita mengerti bahasa yang digunakan.
 5 Cakupan Standard Internasional Manajemen Pelayanan Teknik Informasi sebagai berikut :

1. Service Strategy

       Mengisyaratkan bahwa setiap organisasi semacam perusahaan harus memiliki sebuah Strategi Pelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas “services” yang terjadi dalam perimeter organisasi. Secara prinsip, strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi di dalam usahanya untuk memberikan layanan yang baik.

2. Service Design

        Memperlihatkan bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur dan superstruktur) teknologi informasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku kepentingannya. Melalui desain ini, diharapkan tercipta suatu lingkungan kondusif bagi divisi teknologi informasi dalam memberikan layanan prima ke segenap individu, kelompok, dan unit/divisi pengguna pada organisasi.


3. Service Transition

        Menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan. Tahapan transisi ini harus dikawal dengan sebaik-baiknya agar efektif dan tidak terjadi chaos.


4. Service Operation

         Mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen, yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya. Di sinilah para pelanggan internal maupun eksternal (pemangku kepentingan) akan mendapatkan langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi.


5. Continual Service Improvement

        Mengingatkan perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus dari masa ke masa. Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yang bersangkutan senantiasa belajar dan selalu berkembang dari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika global.

Contoh Layanan SI/TI dibidang Komunikasi dan Jaringan  :

             1. Aplikjas Telkomsel (My Telkomsel)

One stop application menjadi tren yang kini digemari para operator seluler di Tanah Air. Tentu alasannya adalah untuk kemudahan kepada pelanggan. Pengembangan aplikasi tersebut dihadirkan bukan sekadar untuk memberikan informasi pulsa pengguna. Melainkan juga untuk mengetahui lebih dalam perihal produk atau paket layanan yang ditawarkan. Seperti halnya MyTelkomsel yang bisa dijadikan sebagai aplikasi informasi pengguna dengan sistem keamanan berlapis.

MyTelkomsel menjadi salah satu one stop aplication yang kami maksud. Di dalamnya berisi beragam informasi mengenai nomor pelanggan, masa aktif, sisa pulsa dan informasi profil pengguna. Bisa dibilang aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi operator lainnya. Namun perbedaan dari aplikasi milik Telkomsel ini adalah cara ‘login’ yang lebih aman.

2.Aplikasi XL axiata(MyXL


Semua operator Tanah Air sudah memiliki aplikasi digital untuk memberi kemudahan bagi pelanggannya. Kami sudah mengulas beberapa di antaranya. Dan sekarang adalah waktunya bagi aplikasi MyXL yang disebut sebagai layanan self-care dari XL
.
Terlihat dari nama yang digunakannya, tentu ini juga sama dengan aplikasi lainnya yang difungsikan untuk memberikan kemudahan informasi kepada pelanggan. Penggunaan tagline self-care terasa pas untuk aplikasi MyXL. Karena tak hanya memberikan informasi perihal tentang pulsa maupun layanan sang operator, pengguna juga bisa melakukan pembelian pulsa maupun mengikuti paket layanan operator yang dikemas dalam menu aplikasi. sehingga terkesan melayani diri sendiri. Nice. Berikut ulasan aplikasi MyXL yang penulis coba dengan menggunakan smartphone Android.


Refrences :

Comments

Popular posts from this blog

Boruto

Fitur Animasi di S/W

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI